Skip to content

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1430 Hijriyah

Desember 28, 2008
Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

pic_0009

Hari ini aku buka BUKU PINTAR AGAMA ISLAM yang ditulis oleh Syamsul Rijal Hamid. Didalamnya ada pembahasan tentang Tahun Hijriyah.

Tahun Hijriyah adalah kalender islam yang didasarkan atas peredaran bulan (qomariyah) maka ada sebagian yang menyebutnya tahun qomariyah.

Perhitungan tahun pertama tahun hijriyah dihitung dari hijrahnya nabi Muhammad SAW.

Penetapan tahun hijriyah dilakukan pada masa pemerintahan kholifah Umar bin Khottob.

Tahun hijriyah terdiri dari 12 bulan dengan jumlah hari 30 dan 29 yang silih berganti setiap bulan.

Nama-nama bulan dalam kalender islan :

  1. Muharrom : nama bulan pertama yang artinya diharamkan atau yang menjadi pantangan, sebab pada bulan ini dilarang menumpahkan darah atau berperang.
  2. Shofar, nama bulan kedua artinya kosong, karena pada bulan itu semua orang laki-laki Arab dahulu pergi menunggalkan rumah untuk berniaga, merantau dan berperang,. Sehingga pemukiman mereka kosong dari laki-laki.
  3. Rabi’ul Awal, nama bulan ketiga, artinya robi (menetap) dan awal (pertama) jadi awal menetapnya kaum laki-laki setelah meninggalkan rumah.
  4. Rabi’ul Alhir, nama bulan keempat, artinya masa menetapnya kaum laki-laki untuk terkahir atau penghabisan
  5. Jumadil Awal, nama bulan kelima, Jumadi (kering), awal (pertama), karena bulan ini adalah awal musim kemarau
  6. Jumadi Akhir, nama bulan keenam, artinya musim kemarau yang penghabisan
  7. Rojab, nama bulan ketujuh, artinya mulia. Dibulan ini bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini
  8. Sya’ban, bulan kedelapan, artinya berkelompok, karena pada bulan ini umumnya orang-orang Arab lazimnya berkelompok mencari nafkah.
  9. Romadhon, nama bulan kesembilan.Artinya sangat panas. Bulan ini memiliki keistimewaan, keutamaan dan kesucian. Pada bulan ini seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa kecuali wanita yang berhalangan (haid) atau orang yang sakit atau orang-orang yang diberi kelonggaran untuk tidak berpuasa dengan tetap membayar jumlah hari saat mereka tidak berpuasa.
  10. Syawal, bulan kesepuluh artinya kebahagiaan, karena pada bulan ini seluruh umat muslim melaksanakan shalat ied bersama serta kembalinya manusia kedalam fitrah.
  11. Zulqoidah, nama bulan kesebelas. Berasal dari kata Zul (pemilik) dan Qo’dah (duduk), karena bulan ini merupakan waktu istirahat bagi kaum laki-laki arab dahulu.
  12. Zulhijah, nama bulan keduabelas. Artinya yang menunaikan haji, sebab pada bulan ini umat Islam sejak nabi Adam AS, menunaikan ibadah haji.

Semoga bermanfaat..

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: