Skip to content

Ke Museum Yuuuu…

Februari 7, 2009

Ngakunya orang Bandung sih, tapi yang namanya ke museum Geologi yang terletak di Jl. Diponegoro, belum pernah sekalipun aku singgah.. padahal sudah lewat ratusan kali didepannya ..terlalu !!

Akhirnya ada penyadaran  yang terjadi, ketika sulungku ngajak kesana.. “Bunda.. kita ke museum Geologi yu… Bunda sudah pernah kesana ? “.. Glekk…Aku tersenyum malu (kayak abege yang dipandangi pacarnya..) dan mengaku bersalah..”belumm…”. ahhhh, sebelum malu berkepanjangan alias dipermalukan oleh Bill, cepat-cepat aku tambahkan ” boleh.. kita kesana hari ini..”
So… berangkatlah 4 sekawan ke lokasi yang namanya Museum Geologi..
Hemmm bangunannya kokoh, gagah, ganteng.. tampilan bangunan sisa peninggalan jaman baheula.. bercat putih dengan daun jendela yang lebar-lebar.. langit-langitnya tinggi, lantai marmer.. hemmhh

untitled-1

 

Koleksinya ? menakjubkan… berbagai koleksi geologi dapat dijumpai disini.
Dari mulai jenis batuan, dari segala jaman tentunya, mineral, meteorit, fosil-fosil binatang laut dan yang menarik hatiku adalah fosil binatang laut yang berusia 250 juta tahun lalu.. hemm..bisa dipegang lagi, namanya aku lupa.. hikkh ..  Menurut sumbernya semua koleksi telah dikumpulkan sejak 1850-an.
Terus fosil manusia purbakala, ada fosil gajah purbakala.. ada juga fosil-fosil tumbuhan dari jaman baheula..
Yang menarik adalah koleksi batu-batuan.. kristal warna ungu, intan..uhhhh lucu..
Selain itu ada juga sejarah pembentukan pulau-pulau di Indonesia. Ada juga keterangan langkah-langkah yang biasa dilakukan saat melakukan pencarian fosil-fosil, lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan.
Di lantai dua ada tentang proses ekplorasi minyak bumi sampai menjadi bahan bakar bensin, minyak tanah dll.
 
Jalan kemarin itu memang kurang asyik, karena senjata utama handycam lupa tidak kebawa.. jadi kurang okeh..karena tidak bisa narsis-narsisan dan tidak banyak foto yang bisa diambil cuma mengandalkan camera di handphone.

Keluar dari museum, bontot kriwil ku minta makan siang.. hemmm sesekali makan di pinggir jalanlah. kebetulan didepan museum Geolagi  ada taman lansia..disekitanya ada jualan makanan di tenda-tenda, dari mulai nasi timbel, nasi bakar ampe kupat tahu.. sagala aya lah..
Melewati taman tersebut dengan berjalan kaki, adeemmm, sunyi.. pohonnya besar-besar ..ahhhh segerrrrr..ada juga bangku-bangku untuk duduk-duduk.
Nasi bakar jadi pilihan dengan menu ayam bakar, pepes tahu, perkedal jagung, lalaban plus sambal ditambah teh botol. Untuk harganya murah abissss.. 4 orang cuma habis 53 ribu saja..

Itulah kisah jalan-jalanku hari sabtu ini. Ternyata museum bisa dijadikan alternatif menjadi jalan-jalan  yang mengasyikan.. selain ilmu bertambah, keuangan negara juga untuk sisi pengeluaran tidak terlalu besar, beda dengan jalan ke mall.. he he.

So.. tidak salah sekali-kali si kecil diajak jalan-jalan ke tempat-tempat yang sejenis seperti itu..malah lebih bermanfaat ketimbang jalan-jalan ke mall..

dsc00054

 

 

Iklan
21 Komentar leave one →
  1. Februari 7, 2009 9:13 am

    jalan-jalannya menyenangkan bu. Sesekali ke Museum Linggarjati di Kuningan atau Situs Pra Sejarah di Jawa Tengah. Asik juga tuh

  2. Februari 7, 2009 9:42 am

    Museum Linggarjati pernah lihat di Teve tapi belum kesana Mas.. Terlalu ya…

  3. Februari 7, 2009 9:45 am

    Nah kalo mainnya ke musium kan jadi lebih cerdas kita 🙂

    Beautiful Season :
    Iya Mas… Ibunya pun jadi tambah wawasan tuch, kan jadi Ibu harus smart bukan… 🙂

  4. Februari 7, 2009 11:34 am

    Waduh, saya selama ini….saya blm pernah pergi ke Museum Mbak…. 😀

    Paling cuma nonton aja di TV…. 😀

    Nampaknya seru juga tuch alo piginya rame2…. 😀


    Beautiful Season :
    Ayo dong ke museum.. daripada ke 21 terus :D…
    memang jangan sendiri sih… (gak ada tukang foto-foto nanti… ) maksud ? :).. tapi kalo sekampung juga ribet.. kasian satpam nya nanti 🙂

  5. Februari 7, 2009 1:02 pm

    Wah.. di sini nih.. di Manado, museumnya gak asik. Gak kerawat. Sayang banget.. padahal banyak manfaatnya buat anak-anak.


    Beautiful Season :
    soalnya lebih kerawat mall daripada museum Mas..:)

  6. Februari 7, 2009 2:41 pm

    Idenya boleh juga kayaknya aku dan keluarga dah lama gak study tour.

  7. Februari 7, 2009 3:38 pm

    wiw..aQ jg suka ke museum… sampe akhirnya mndptkan kejadin mistik jg di sana.. hehe..seru… pengalaman yg g bakal Qlupain waktu itu..hehe
    mksh y mbak udah mampir k blogQ
    salam kenal 🙂

    Beautiful Season :
    Duhhh yang imut2 dateng juga.. thanks ya..
    Btw, kejadian mistik ?
    wahhh harus diposting dong.. biar kita-kita tahu semua tahu..

  8. Februari 7, 2009 5:08 pm

    Salamkenal…. 😛

    Beautiful Season :
    Hallo Accan…
    Thanks sudah mampir ya..

  9. Februari 7, 2009 9:58 pm

    Saya juga belum pernah ke museum geologi itu, padahal sering juga lewat depannya kalo ke Bandung. insya Allah nanti kesana sama anak & istri. Salam kenal.

    Beautiful Season :
    Salam kenal juga ya Mas.. Museum menanti kedatangan Mas and keluarga 😀

  10. Februari 8, 2009 2:33 pm

    Budaya untuk berwisata ke museum memang sangat kurang di masyarakat kita. Untuk masyarakat di Jakarta saja orang akan lebih memilih untuk berwisata ke tempat-tempat rekreasi spt Ancol, Taman Mini, Kebun Binatang sedangkan untuk ke museum seperti musem gajah, museum fatahillah banyak yang tidak tahu.

    Di bandung juga kalau ga salah ada museum tekstil bukan?


    Beautiful Season :

    Di Bandung banyak juga museum Mas, ada museum perangko, museum sri Baduga (segala sesuatu ttg jawa barat), meuseum perjuangan…
    Museum tekstil ? di Bandung ada ya ? duhh.. nanti aku tanya-tanya deh..

  11. Upik permalink
    Februari 11, 2009 4:33 am

    Wah Bun, postingan yang menarik ne… Bisa jadi agenda kalo pas libiran nanti. Ke museum? Aku mah belum pernah ngajak anak ke sana, heeee jadi pengen.. :d
    Salam hangat Bun.. Keep posting ya.. 🙂


    Hi Piek.. sok atuh ajak anak2.. atau mau barengan kita ke museum ? 😀

  12. Februari 11, 2009 7:26 am

    terakhir kalinya saya ke musium itu tahun 2000 bu, pas saya masih SMA… lama sekali ya… 🙂


    eh.. ada yang imut2 mampir.. makasih ya neng..
    wah.. belum lama itu mah, baru 9 tahun kan? coba bandingkan dengan 38 tahun? 😀

  13. Februari 11, 2009 8:09 am

    Museum…..??? pasti byk yg unik2 tu, jalan2 sambil belajar oke banget buat anak2, sambil menyelam minum air…. 🙂
    Postingan about kuliner di Bandung ditunggu ya bu..!!

  14. Februari 11, 2009 12:41 pm

    wow menyenangkan banget klo ke museum, tapi klo ke museum para pahlawan, kadang bikin aku sedih, membayangkan apa yang mereka alami, tapi tetap seneng sieh,


    Ke museum perjuangan jaman dulu pas SMP kelas satu…rombongan dari sekolah naik bis, kayak mau naik haji aja… 😀
    Makasih sudah mampir ya..

  15. Februari 12, 2009 4:11 pm

    Upiek :
    thanks ya.. hayu atuh kita ketemuan di museum ..:D
    Btw posting upiek tentang warnet yang plus2 penggunaannya…
    baru dapet pencerahan aku…
    serem juga ya…..

  16. Februari 12, 2009 4:12 pm

    Ririn :
    thank sudah mampir… oks.. nanti aku posting kuliner di Bandung dehh…. biar pada ngilerr.. 😀

  17. Februari 12, 2009 11:48 pm

    Musium tempat pembelajaran yg pas buat anak-anak mengenal sejarah…

    Salam kenal dari Ayah

    salam kenal kembali, terima kasih sudah mampir.. tadi saya sudah berkunjung ke sana.. ceritanya baguss..

  18. Februari 13, 2009 1:46 pm

    Aku udah pernah kesana sekali bu, memang asyik melihat jejak zaman dahulu…

  19. Februari 14, 2009 7:39 am

    Wah mau dong… “abdi mah teu acan”, malah kalah sama putriku.. sabtu/minggu buka tidak ya ?


    Opening hours sbb : senin-kamis (09-15), sabtu-minggu (9-13.00). Jum’at dan hari libur nasional mah tutup Bang..
    Sok atuh ke museum, masa kalah sama junior 😀

  20. Februari 14, 2009 1:10 pm

    Kalau untuk orang geologi, biasanya yang paling menarik museum geologi di daerah Karang Sambung, bukan karena bangunannya, tapi karena daerahnya memang menarik secara sejarah geologinya. Semua jenis batuan hasil perbenturan benua tersingkap disana.


    Karang sambung dimana itu mas ?

  21. Februari 21, 2009 11:49 pm

    Maaf mau tanya. saya sudah lama pasang slide gambar kaya kamupunya. tetapi tidak berhasil. tadi saya lihat kamu berhasil. kasih tau dong caranya. saya coba dulu di blogspot berhasil ini
    alamat blogspotnya http://syaiful-pbb.blogspot.com
    posting yang di atas museum geologi ti Bandung ya. apa kamu dari Bandung. Abdi ti Ciamis. nuhun pisan atas bantuanya. balas ya


    Untuk yang slide, kan tinggal copy paste saja HTML nya Pa..
    Atau mungkin copy code HTML nya bukan untuk blogspot ?
    coba di check dulu source nya, kan bisa dipindah-pindah tuh (wordpress, blogspot etc)

    Iya betul.. saya dari Bandung Pa..mojang priangan orang bilang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: