Skip to content

Slide Sejarah Palestina

Januari 21, 2009

Ini adalah slide tentang sejarah palestine untuk bahan referensi.


BubbleShare: Share photosPlay some Online Games.

Mudah-mudahan bisa jadi bahan renungan untuk kita.
dan bersyukur untuk segala berkah yang sudah diberikan kepada kita…

Sumber : “http://sabbah.biz/mt/”

Telkomsel KartuHalo yang benar-benar Halooooo!!

Januari 15, 2009

beberapa hari yang lalu tagihan pasca bayar Telkomsel kartu halo baru kuterima…

Iseng-iseng aku check rincian percakapan..biasanya aku cuma lihat total tagihan, tapi entah kenapa bulan ini aku tertarik untuk melihat rincian biaya percakapan yang dilampirkan dalam tagihannya.

Ketika aku lihat SOURCE (LOKASI PERCAKAPAN).. rada-rada kaget, soalnya banyak sekali kota asal Cirebon… hah? Cirebon… dari mana datangnya… orang aku di Bandung terus .. bulan Desember kemaren gak ada keluar kota yang deket-deket atau lewat ke Cirebon…jadi darimana datengnya Cirebon?.

Dan hal lucu lainnya adalah pada tanggal yang sama, jam sama cuma beda menit doang rekaman pembicaraan menunjukan posisiku di Cirebon, tapi beberapa menit kemudian aku sudah ada di Bandung dan beberapa menit kemudian sudah di Cirebon lagi… Wak kak kak…..

 

bdg-crb

Akhirnya aku telepon Telkomsel bagian Informasi. Aku complain karena merasa tidak pernah melakukan pembicaraan dengan posisiku di daerah Cirebon atau sekitarnya serta penunjukkan lokasi pembicaraan yang berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dengan waktu yang teramat sangat cepat.. Impossible !!

 

Jawaban yang aku dapet adalah kira-kira sebagai berikut :

"Bu, memang pada tanggal-tanggal tersebut ada pengalihan sementara BTS untuk merelay pembicaraan tapi itu tidak masalah dengan tarif karena lokasi asal pembicaraan tetap dianggap dari Bandung, kalau untuk meyakinkan silahkan ibu datang langsung ke gerai Telkomsel terdekat". Emhhh… jadi cuma pengalihan saja tanpa ada pengaruh sama biaya ?. Aku pikir ya sudahlah kan namanya juga alat pasti sesekali ada terjadi gangguan atau error.

Iseng-iseng aku check biaya percakapannya dan ternyata aku dapat satu pertanyaan susulan :

ternyata ada perbedaan biaya antara lokasi pembicaraan yang berasal dari Bandung dengan lokasi pembicaraan dari Cirebon, padahal dengan nomor tujuan dan area yang sama. Apa ada aturan tertentu untuk penghitungan biaya percakapan ?

rate

 

Costumer care tidak bisa menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi dan minta waktu 7×24 jam paling lama untuk menyelesaikannya. Dan memohon maaf untuk ketidaknyamanan yang aku dapatkan.

Ya.. ya..sudah pasti kumaafkan.. cuma untuk alasannya tetep aku mau tahu dong…

Sekarang sudah mendekati hari ke 7 sejak aku complain. Aku masih belum dapat konfirmasi dan penjelasannya dari pihak Telkomsel..masih ada sisa beberapa hari lagi.

Telomsel. Begitu Dekat Begitu Nyata… semoga bukan karena saking dekatnya, Bandung – Cirebon – Bandung bisa ditempuh dalam beberapa detik saja.! he he he.

Sebagai pelanggan setia TELKOMSEL KartuHalo, kalau untuk urusan kualitas suara dan jangkauan aku memang gak pernah dikecewakan ..! tapi kalau dapat kesalahan seperti ini sih.. tetep kecewa..

 

Silaturahmi Jurusan Teknik Transmisi angkatan ’90

Januari 3, 2009

Gak sengaja mau ngumpul, tapi begitu haji Wagu bertandang ke rumahku, ide dadakan muncul. Aku telepon Kang Koni karena beliau lebih tahu list temen-temen alumni. dan haik-haik, phone sana-sini, disepakati tanggal 1 Januari 2009 jam 9 sampai selesai. kepanitiaan ? kagak ada.. yang penting ngumpul.. konsumsi ? beli langsung ditempat, biar tidak repot.

Tempatnya lumayan enak, wisata kuda paku haji cimahi..cukup jauh, tapi anak-anak happy.. bisa berenang (walaupun cuma untuk anak2), bisa naik kuda, flaying fox dan macam2 permainan ada disana,.. eh ada ATV juga, menelusuri kebun..

Isi acara gak macem-macem.. cuma saling interogasi tentang kemampuan mengembangkan keturunan  ha ha ha.. ada juga tentang profesi terakhir ataupun tentang cerita-cerita konyol seputar mereka yang masih sering kontak.

Terkagum-kagum dengan sobatku, Yani, anaknya 4 dan laki-laki semua…sepertinya beliau maksa pengen perempuan jadi coba-coba teruuuussss, setelah yang ke empat ? kapok ya.bu ? he he he.

Mereka rata-rata sih berbuntut 3 dan aku sendiri yang buntutnya cuma dua dan perempuan semua. Emang kenapa dengan anak perempuan ? gak apa-apa ko, kan nanti juga aku dapet mantu laki-laki, sama saja…(menghibur diri ya Bu? He he he).

O iya, yang hadir ada Haji Wagu (namanya sih Asep Wawan Gunawan) tapi dari dulu kita singkat jadi Wagu, dan karena sudah menunaikan rukun islam yang ke 5, maka kalo manggil sekarang depannya sama kita tambahin jadi Haji, Wagu.

Ada lagi Asep Saepudin, dapat isterinya orang solo dan sayang kemarin tidak dateng. Tidak banyak berubah, tetep cool…

Berikutnya Erwin, yang ini sih lebih heboh, anaknya sudah  SMA, kejar setoran ya Pak?

Ada juga kang Mii, namanya sih bagus Iim Ibrahin, tapi kita lebih suka manggil dengan kang Mii..dateng tanpa family. Ada Ogi alias Oray gibug panggilan dulu kala, padahal namanya bagus Ahmad Toha..(kayak nama pahlawan Bandung Lautan api ya..?, eh itu mah Muhammad Toha kali)  dateng dengan 1 jagoan, dan 3 cewek cantik.

Ada lagi Kang Rudi Ismoyo.. duh karakter tidak berubah, pendiem saja, paling senyum-senyum.. (rambutnya ikalnya kemana  kang ? hikh..). dateng tanpa keluarga pula.

Nah berikutnya adalah penjahat pada saat di kelas dahulu….Rahmat Mulya, namanya sih bagus tapi kelakuannya aduhhh … jahil. kita manggilnya Kuya atau Amet. Dia baru bulan ini ada di Bandung, baru pulang dari Menado katanya.  Aku candain, “di Menado dapet berapa anak Met ?” wa ka kak.. dia pasrah dengan candaanku.

Ada lagi Yan Mulyana, Nah.. yang ini sih cover boy dari jaman baheula, entah sejarahnya apa tapi kita panggil dengan mummi, kerjanya di Sanyo (manajer apa kepala cabang bdg ya ?… tapi kasian lho… masa hari sabtu masih kerja…hikkh..).

Kang Koni.. jadi panitia dadakan, termasuk cari tempat dan bayar-bayar. Hadir dengan nyonya dan dua junior, anak pertama kelas 2 SMP sudah tidak mau ikut, thanks sudah mau repot ya kang.

Well.. walaupun yang hadir hanya 11 orang, tapi rasanya seneng banget bisa ngumpul, setelah 19 tahun tidak bertemu dan bisa melihat secara phisik kami sudah berubah jauh, ada yang badannya tambah mekar atau ada juga yang stabil, ada yang tambah kumis.. hi hi hi.

Untuk Alex yang ada di negeri kangguru, thanks  sudah calling..sorry ngumpulnya gak bisa di Aussie sana, mahal diongkos boo…..

Pada kemana nih : Agus Darmawan dan Atjeng (aku udah sempet ketemu tahun lalu),  Sutrisno (terakhir ketemu di caprock), Tri Rismiyatno (email aku gak direspons.. sedih..),   Heni (kemarinlagi sakit, cepet sembuh jeng), Rini Mulyani (jejaknya gak ketemu, katanya di Kalimantan), Alex (dimaafkan gak bisa dateng,  kejauhan),  Gunardiansyah (sempet phone call tahun lalu), Tata Miharja, Wahyudin, Yul Asmi, Asep Hikmat, Yana Mulyana, Asep supriadi, Arif Sudrajat, Chandra Surya, Asep Rusman, Nugraha (asli 19 tahun gak ketemu,  semoga masih inget aku..hikkk).

O iya.. ada berita duka juga, temenku ada yang sudah almarhum, Suryana. Selamat jalan sahabat semoga Alloh SWT menempatkanmu ditempat yang paling baik,  mengampuni semua salah dan khilaf serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amien..

Baiklah, semoga silaturahmi dapat diadakan tiap tahun dengan peserta tambah banyak.

pic_0105pic_0106pic_0108pic_0111pic_0080

Bandung January 1st

Januari 2, 2009

January 1, 2009

Ini tahun baru

Januari.. februari… dst

Kulalui terus melewati 38 tahun…

merasa kembali ke titik nol, ketika

aku bertemu Januari…

padahal…….

jatah usiaku diambil satu lagi

seharusnya menangis…malah tertawa bahagia

dan berteriak …..”Happy new year.!!!.”

duhhhhh……………. Gak pernah nyadar


Aku mau

Kubuat hidup ini flowing

karena

tak pernah tahu apa yang Engkau takdirkan untukku

ada cinta dan kasih

Kubuat itu hadir bersamaku

karena aku tahu itu juga mauMu

apa yang kumau….

Aku mau Engkau selalu disampingku

Karena aku tak bisa tanpaMu

Ya Rabb… aku ingin selalu pasti mencintaiMu

juga …

Engkau restui

cintaku untuk mahlukMu

yang bernama laki-laki

karena cintaku padaMu dan padanya adalah berbeda……

In memoriam, The Greatest Woman In My Life

Desember 31, 2008

foto-mamih

Lahir : 12 Juni 1933

Wafat : 31 Desember 2005

30 Desember 2005

Hari itu kesadaranmu mulai menghilang, nafasmu tinggal satu-satu.. kupeluk engkau wahai Ibu.. kubisikan betapa aku mencintaimu..betapa aku mengagumimu.. betapa engkau adalah cahayaku..
Air mata adalah jawaban yang engkau berikan.. semua orang mengatakan tidak ada harapan.. makin hancur hatiku Ibu.
Kumohon padaNya yang terbaik untukmu Ibu.. kukatakan hatiku ikhlas jika ini harimu untuk meninggalkanku
Semakin malam kondisimu semakin kritis.. pandanganmu sudah samar, apakah engkau melihat sang malaikat  Ibu ? apa yang engkau rasakan… Enakau melihatku..tapi tak ada senyum lagi..engkau melihatku seakan engkau tak mengenaliku..Duhh Ibu sakit rasanya…
kupanjatkan do’a padaNya.. ambilah beliau tanpa sakit yang pernah engkau sebutkan dalam sabdamu ya Alloh ..
Aku tak mau beranjak dari sisimu Ibu… aku tak mau melepasmu tanpa aku disisimu.
Selalu kubisikan ”la ilaha illallah ” selalu kubisikan itu ibu… aku ingin mengantar pergimu dan aku ingin mengantarmu masuk surgaNya.

31 Desember 2005

Semenjak dini hari engkau seperti memberi harapan padaku Ibu…aku merasa engkau tidak akan pergi.. air putih yang kusuapkan sedikit-sedikit engkau telan bahkan siang hari satu gelas susu aku sempat suapkan  padamu Ibu…

Aku cium, aku peluk,  aku merasa surya itu tak akan pergi… dan aku bilang padamu..engkau pandai membuatku menangis ibu..membuat setengah jiwaku hilang..ternyata engkau tidak akan pergi dari sisiku.

Tapi…

Pukul dua siang, kondisimu memburuk lagi… pandanganmu mulai kabur kembali, terkadang tertutup sesaat tapi membuka kembali.. kubisikan kembali namamu ya Rabb kubimbing engkau Ibu… ”La illaha illallah” meski suara ini sudah hilang.. mata ini sudah lelah untuk mengeluarkan air mata dan kubisikan.. aku rela Ibu.. aku ikhlas.. aku ikhlas ya Rabb..

Aku tak mau menangis karena aku takut itu memberatkanmu Ibu… aku tersenyum ibu walau dengan cucuran air mata.

14.15.. ada hembusan berat, matamu mulai tertutup..perlahan wajahmu mulai memucat dan nafas terkahir aku lihat engkau hembuskan … ”innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun , sesungguhnya kami milik Alloh dan sesungguhnya kami kembali kepadaNya”

Engkau pergi dari sisiku Ibu…

Mengambil setengah jiwaku..duhh Ibu semua penyesalan adalah kesia-siaan…

Kenapa kehilangan ini meluluh lantakan jiwaku..

Ada yang hilang.. dan aku tahu jiwaku hilang bersamamu Ibu.

Setelah engkau pergi hanya do’a yang bisa kukirimkan padamu Ibu ”

”Rabbirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa”
Ya Tuhanku kasihilah keduanya (ayah dan Ibu) sebagaiman kasih mereka mendidikku waktu kecil (QS. Al-Isra, 17:42)

Selamat hari Ibu, Bunda……!!!

Desember 29, 2008

22 Desember kemarin rasanya istimewa
banget..
Siang itu, anakku yang paling besar
tiba-tiba muncul di ruangan kerjaku. ”Bunda minta tolong… keluar sebentar
yuu…”
”kenapa Ka..ada apa? ” jawabku
”ayo ikut sebentar, Kaka ada perlu.. tapi
harus diluar…” jawabnya
Akhirnya akupun mengikutinya keluar
kantor, dan upsss…aku terkaget-kaget… dia memelukku dan menyodorkan sebuah
kado ”Selamat hari ibu ya Bun…”
katanya.
Duhhhh… rasanya seperti melayang..
seneng..kaget bahagia dan terharu pastinya.
Gak nyangka anak-anak mau bikin kejutan
seperti. Kakanya, Ima memberi ucapan juga.
”Terima kasih sayang.. Bunda seneng dan
bahagia” kataku. kupeluk mereka dan sekuntum mawar putih serta sebuah buku
diary kecil adalah kado terindah yang kuterima sepanjang hidupku.
Terima kasih ya Alloh.. Engkau telah
menganugrahi anak-anak yang sholehah.. berilah hamba kesempatan agar
hamba dapat membimbingnya menuju jalanMu
ya Rabb..
Hari ini terasa begitu indah.. terima
kasih untuk orang-orang yang mencintai dan menyayangiku…Aku sayang kalian.
00146_whiterose_1920x1200

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1430 Hijriyah

Desember 28, 2008
Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

pic_0009

Hari ini aku buka BUKU PINTAR AGAMA ISLAM yang ditulis oleh Syamsul Rijal Hamid. Didalamnya ada pembahasan tentang Tahun Hijriyah.

Tahun Hijriyah adalah kalender islam yang didasarkan atas peredaran bulan (qomariyah) maka ada sebagian yang menyebutnya tahun qomariyah.

Perhitungan tahun pertama tahun hijriyah dihitung dari hijrahnya nabi Muhammad SAW.

Penetapan tahun hijriyah dilakukan pada masa pemerintahan kholifah Umar bin Khottob.

Tahun hijriyah terdiri dari 12 bulan dengan jumlah hari 30 dan 29 yang silih berganti setiap bulan.

Nama-nama bulan dalam kalender islan :

  1. Muharrom : nama bulan pertama yang artinya diharamkan atau yang menjadi pantangan, sebab pada bulan ini dilarang menumpahkan darah atau berperang.
  2. Shofar, nama bulan kedua artinya kosong, karena pada bulan itu semua orang laki-laki Arab dahulu pergi menunggalkan rumah untuk berniaga, merantau dan berperang,. Sehingga pemukiman mereka kosong dari laki-laki.
  3. Rabi’ul Awal, nama bulan ketiga, artinya robi (menetap) dan awal (pertama) jadi awal menetapnya kaum laki-laki setelah meninggalkan rumah.
  4. Rabi’ul Alhir, nama bulan keempat, artinya masa menetapnya kaum laki-laki untuk terkahir atau penghabisan
  5. Jumadil Awal, nama bulan kelima, Jumadi (kering), awal (pertama), karena bulan ini adalah awal musim kemarau
  6. Jumadi Akhir, nama bulan keenam, artinya musim kemarau yang penghabisan
  7. Rojab, nama bulan ketujuh, artinya mulia. Dibulan ini bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini
  8. Sya’ban, bulan kedelapan, artinya berkelompok, karena pada bulan ini umumnya orang-orang Arab lazimnya berkelompok mencari nafkah.
  9. Romadhon, nama bulan kesembilan.Artinya sangat panas. Bulan ini memiliki keistimewaan, keutamaan dan kesucian. Pada bulan ini seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa kecuali wanita yang berhalangan (haid) atau orang yang sakit atau orang-orang yang diberi kelonggaran untuk tidak berpuasa dengan tetap membayar jumlah hari saat mereka tidak berpuasa.
  10. Syawal, bulan kesepuluh artinya kebahagiaan, karena pada bulan ini seluruh umat muslim melaksanakan shalat ied bersama serta kembalinya manusia kedalam fitrah.
  11. Zulqoidah, nama bulan kesebelas. Berasal dari kata Zul (pemilik) dan Qo’dah (duduk), karena bulan ini merupakan waktu istirahat bagi kaum laki-laki arab dahulu.
  12. Zulhijah, nama bulan keduabelas. Artinya yang menunaikan haji, sebab pada bulan ini umat Islam sejak nabi Adam AS, menunaikan ibadah haji.

Semoga bermanfaat..